Ini Cara Jualan Hadapi Algoritma Terbaru Instagram !

Dunia digital yang terus menerus berkembang dan lebih update menuntut kita untuk senantiasa mampu menyesuaikan diri untuk dapat bersaing di dunia bisnis online, termasuk pada platfor sosmed. Berbagai platform sosial media yang biasa digunakan untuk mengumpulkan pundi uang seperti Facebook, Instagram dan Youtube kini berlomba-lomba untuk memperbaharui algoritmanya agar lebih sesuai dengan tujuan awal dari platform itu sendiri, yaitu sebagai tempat untuk berbagi momen dan cerita bersama dengan orang-orang terdekat dan bukannya untuk media komersial atau berjualan.

Belakangan ini banyak content creator dan pemilik olshop yang mengeluhkan dampak perubahan algoritma pada berbagai platform yang cukup mempengaruhi engagement pada bisnis / konten mereka. Perubahan ini jugalah yang membuat tips dan trik olshop jadul sudah lagi tidak berguna di masa ini dan para pemain bisnis online harus berani untuk step up their game untuk menyesuaikan diri pada perubahan yang ada.

Baru-baru ini, salah satu platform yang cukup digandrungi bisnis online di Indonesia, Instagram, juga telah memperbaharui algoritmanya. Tak ayal update ini juga akan mempengaruhi cara dan langkah yang perlu diambil agar olshop tetap dapat survive dengan algoritma yang baru. Mau tahu apa saja perubahan dan cara mengatasinya ? yuk simak lebih lanjut !

Algoritma Exposure pada Feed IG

Perubahan pada algoritma exposure ini menimbulkan perbedaan yang sangat signifikan dalam cara kerja Instagram dan berdampak cukup besar yang sering dikeluhkan oleh para pemilik olshop. Pada dasarnya, posting yang kamu unggah hanya akan ditampilkan pada 10% dari jumlah total followers Anda. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki 1000 followers maka postinganmu hanya akan ditampilkan pada 100 orang saja.

Namun jangan khawatir, seiring dengan bertambahnya jumlah like, interaksi komentar, dan jumlah saveengagement dan exposure postingan kamu juga akan terus meningkat.

Utilisasi Hashtag

Penggunaan hashtag yang relevan pada setiap postingan mungkin sudah menjadi trik yang banyak diketahui orang sejak dulu untuk meningkatkan exposure unggahan pada Instagram. Namun ada beberapa modifikasi yang harus kamu lakukan agar penggunaan hashtag menjadi lebih maksimal dengan algoritma IG yang baru ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan :

  1. Jangan gunakan terlalu banyak hashtag. Usahakan kamu hanya menggunakan 5 -10 hashtag pada sekali posting dan hindari pengulangan hashtag yang sama pada postingan selanjutnya.
  2. Hindari penulisan hashtag pada kolom komentar karena hashtag pada komentar tidak akan terbaca oleh algoritma IG terbaru.
  3. Sertakan hashtag yang relevan dengan bisnismu dalam kolom Bio pada Account Instagram karena dapat terdeteksi pada pencarian.

Pemanfaatan Instagram Story

Instagram Story saat ini mendapat prioritas yang cukup tinggi dalam algoritma Instagram, dengan sering mengupdate IG Story maka akun kamu tidak akan dianggap sebagai robot dan membantu meningkatkan engagement postinganmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hashtag pada IG story kamu karena algoritma akan membaca hashtag yang ada pada IG story dan akan muncul pada pencarian hashtag.

Interaksi untuk Post Boost

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, postingan kamu mulanya hanya akan ditampilkan kepada 10% dari followersmu. Untuk meningkatkan engagement dan exposure pada postingan maka yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbanyak interaksi pada kolom komentar. Dengan berkomentar, maka secara tidak langung kamu sudah ‘menyundul’ postinganmu. Usahakan membalas komentar kurang dari 60 menit untuk mengoptimasi postinganmu, selain itu klik like pada komentar yang ada juga untuk meningkatkan exposure. Apabila kamu merespon komentar lebih dari 60 menit maka itu tidak akan berpengaruh terlalu besar terhadap postinganmu dan bahkan tidak akan dianggap sebagai engagement sama sekali. Oleh karena itu usahakan postingan kamu menarik untuk mengundang banyak orang berkomentar di postinganmu sehingga exposure juga akan semakin bertambah.

Deteksi Autobot

Algoritma Instagram yang baru memungkinkan platform ini untuk mendeteksi adanya autobot atau robot di Instagram. Sejak beberapa tahun kemarin, banyak ditemukan autobot atau akan palsu yang sengaja melakukan interaksi komentar untuk menaikkan engagement sebuah postingan. Namun, dengan algoritma yang baru, akun yang banyak berkomentar dengan 1 kosa kata saja seperti ‘Great‘, ‘Good‘, ‘Mantap’ akan dianggap sebagai spam atau dikenal dengan istilah “Shadow Banned” dan berisiko akan diblokir oleh Instagram. Komentar yang dipandang nyata oleh IG adalah komentaer-komentar yang mengandung lebih dari 4 kata.

Pengulangan Posting

Jika kamu tipe orang yang suka mengunggah foto kemudian menghapusnya lalu mengepostnya kembali, maka kamu harus segera menghentikan kebiasaan ini. Kebiasaan repost ini akan mengurangi engagement pada foto yang kita unggah. Selain itu, kebiasaan mengedit caption postingan dalam waktu 24 jam setelah foto diposting juga akan menurunkan engagement pada postingan kita. Jadi, pastikan kamu mereview semua penulisan terlebih dahulu sebelum meng-klik tombol share.

Nah itu tadi tips dan trik untuk menghadapi perubahan algoritma terbaru pada Instagram. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.