Express Wi-Fi Hadir di Prigen, Selimuti Keindahan Candi Jawi.

Expresswifi.id – Mungkin kamu pernah lewat, mengunjungi, atau mungkin hanya menemukan artikel di internet mengenai Candi Jawi, sebuah candi peninggalan sejarah yang berada di Desa Wates, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, atau kira-kira 31 kilometer dari kota Pasuruan.  Walaupun Candi Jawi tidak sebesar Candi peninggalan kerajaan terdahulu lainnya seperti Candi Borobudur, Prambanan dan lainnya, Candi Jawi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi dan pesona budayanya sendiri layaknya tempat bersejarah lainnya di Indonesia. Yuk simak lebih lanjut apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh Candi Jawi.

1. Candi Jawi ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan peninggalan bersejarah kerajaan Singhasari.

Hal ini membuktikan bahwa Jawa Timur juga menjadi pusat dari penyebaran agama Hindu-Buddha pada zamannya. Candi ini sendiri dibangun dengan tujuan sebagai tempat  beribadah bagi umat beragama Syiwa-Budha dimana notabene Raja Kertanegara, raja terakhir Singhasari adalah seorang penganut ajaran Syiwa-Budha. Namun, saat ini lebih banyak dikenal bahwa Candi Jawi digunakan sebagai tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Singosari, yaitu Kertanegara.

2. Bagian luar candi dipenuhi oleh relief

Dengan bagian luar dan dalam dipenuhi oleh relief, Candi berbentuk tinggi dan ramping ini berukuran 14,24 x 9,55 meter dengan tinggi 24,50 meter. Alur cerita yang terbaca pada relief Candi Jawi hampir seluruhnya sesuai dengan alur cerita pada salah satu episode kitab Sutasoma karangan Empu Tantular yang menceritakan kisah Dewi Candrawati dari Kerajaan Kasi, hingga pertemuannya dengan Pangeran Sutasoma di Taman Ratnalaya.

3. Terdapat banyak Arca dewa- dewa di dalamnya

Konon, di dalam Candi Jawi, banyak sejumlah arca dewa-dewa dalam kepercayaan Syiwa, seperti misalnya dewa Mahakala dan Nandiswara, Durga, Ganesha, Nandi, dan Brahma. Namun sayangnya, arca tersebut sudah tidak berada pada tempatnya yang semula. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebagian dari arca tersebut berada di Museum Empu Tantular dan Museum Trowulan untuk pengamanan.

4. Candi Jawi memiliki banyak keunikan pada bentuk bangunannya

Berkaki Syiwa dan berpundak Budha, Candi ini memiliki 2 struktur bangunan yang berbeda dimana hal ini memperkuat budaya Syiwa -Budha yang menaungi Candi Jawi. Selain itu, pemakaian 2 jenis batu yang berbeda sebagai bahan bangunan, hitam dan putih, pun menambah keunikan lainnya. Hal ini juga menimbulkan spekulasi adanya dua periode pembuatan yaitu masa awal dengan menggunakan batu berwarna gelap dan menggunakan batu putih setelah Candi Jawi tersambar petir seperti yang disebutkan pada Kitab Negarakertagama. Selain itu, disebutkan pula pada kitab Negarakertagama, hilangnya arca Maha Aksobaya setelah Candi tersambar petir.

5. Terdapat beberapa titik Express Wi-Fi di Candi Jawi

Terpesona dengan keindahan candi Jawi, team Expresswifi by Facebook & D~Net kini menyediakan setidaknya 5 titik hotspot area yang tersebar di depan,  belakang, hingga kedalam perkampungan yang mengitari candi tersebut. Demi mewujudkan misi untuk menghubungkan yang belum terhubung dengan internet.

Bagi kamu yang sedang berwisata di Candi Jawi dan mengaktifkan nomor kamu sebagai pengguna baru, kini kamu bisa menikmati 600 Mb per hari untuk dua hari secara gratis (khusus untuk yang baru mendaftar).

Klik untuk membuka lokasi Candi Jawi di google maps. Atau klik disini untuk melihat lokasi expresswifi lainnya di surabaya, pandaan, bromo, dan pasuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.