Tips Omzet Olshop Meroket dengan Facebook

Kalau kemarin sebelumnya kita sudah berbagi tips jualan online untuk pemula secara lebih umum, kali ini kita akan berbicara mengenai trik untuk meningkatkan penjualan hingga berlipat ganda khusus dengan menggunakan sosial media Facebook.

Sebelum kita membahas cara-cara meningkatkan penjualan dengan Facebook, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berjualan di platform sosial media yang bernuansa biru ini. Dikutip dari Kompas Tekno, total pengguna Facebook di Indonesia saat ini mencapai angka yang fantastis yakni sebanyak 130 juta akun pengguna.  Angka ini sukses memposisikan Indonesia di peringkat ke empat dari daftar pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Selain memiliki massa yang banyak, dengan investasi yang relatif murah, kamu bisa memasarkan produk secara lebih tertarget (sesuai dengan target market) dengan menggunakan Facebook Ads. Namun, apabila kamu tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai trik berikut, yuk simak bareng !

1. Buat akun Facebook yang Relevan

Hal pertama yang harus kamu lakukan pastinya adalah dengan membuat akun Facebook. Dengan akun Facebook yang kamu punya, kamu bisa membuat Facebook Page sebagai media lapakmu.  Dibandingkan dengan Facebook Profile pribadi, Page bisa lebih fokus digunakan untuk menawarkan produk atau jasa kamu karena sifatnya yang lebih massal seperti misalnya tidak ada batasan jumlah follower dan batasan karakter pada postingan dibandingkan pada Facebook Profile biasa. Selain itu FB Page dapat disisipi aplikasi, memiliki alamat URL khusus, memiliki fitur untuk memonitor jumlah pengunjung, mengirimkan pesan ke seluruh followers berapapun jumlahnya, dan masih banyak lagi.

Namun sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan FB Page hanya untuk berjualan saja, ada baiknya kamu juga sering-sering mengupdate status mengenai tips atau edukasi kepada follower agar tidak hanya dianggap ‘spam’ yang memborbardir mereka dengan produkmu. Selain itu, hindari penggunaan kata-kata seperti ‘beli sekarang’, ‘promo spesial’, ‘harga miring’ atau mencantumkan harga (contoh : hanya Rp. 50.000,00 saja!) karena akan menurunkan postinganmu pada timeline pengguna lain akibat algoritma yang ditanamkan FB saat ini. Usahakan kamu mengalihkan penjualan dengan membuat katalog pada galeri Fb Page kamu.

2. Perbanyak Teman dan Followers

Kalau kamu tidak ingin membayar FB Ads, maka jalan agar postinganmu dilihat banyak orang adalah dengan memperbanyak teman atau followers. Namun, kamu tidak bisa sembarangan langsung asal menambah teman dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa-bisa akunmu akan mendapat peringatan atau bahkan di blokir oleh FB. Untuk menghindari hal ini, usahakan kamu hanya menambah 5 teman saja dalam sekali waktu dan lakukan hanya 3 x pada 1 hari.

Selain itu, kamu bisa menambah relasi dan pertemanan dengan bergabung pada grup FB yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual alat-alat olahraga, maka kamu bisa bergabung dalam grup pecinta olah raga tertentu dan sebagainya.

3. Persiapkan Foto Produk

Agar Produk mu dilirik pelanggan, maka kamu harus menyiapkan foto produk yang kamu jual sebaik mungkin. Boleh menggunakan kamera HP namun jangan asal-asalan dalam mengambil foto. Jangan lupa untuk menyediakan foto asli produk dari beberapa sisi dan detail untuk mengurangi pertanyaan dari pelanggan kamu. Selain itu, perhatikan pula angle serta lightning saat pengambilan foto agar produk yang kamu tawarkan mudah dilihat oleh pelanggan. Perhatikan pula penataan produk agar menarik atau hindari background yang tidak enak dipandang mata.

4. Posting Rutin

Selain menambah teman, agar postingan kamu banyak di lihat orang, pastinya kamu harus rajin-rajin memposting di akunmu. Dengan rajin posting, kamu bisa menambah engagement dengan pelanggan dan juga meningkatkan reputasi olshopmu. Nah, buat kamu yang penasaran, kapan sih waktu yang tepat untuk posting di olshop ? Menurut kebanyakan pakar digital, waktu optimal untuk posting adalah 3x sehari yaitu jam 7-9 pagi, jam 11 – 1 siang dan jam 6-8 malam.

Namun, walaupun harus sering posting, usahakan jangan posting promosi saja, namun juga postinglah hal-hal yang bisa menarik perhatian orang dan mengundang like atau komen seperti misalnya quote inspiratif, humor, video, status pertanyaan dan lain sebagainya. Semakin ramai akunmu, maka semakin tinggi kesempatan postinganmu dilihat oleh lebih banyak orang.  Sertakan pula hashtag terkait dan menarik agar terlihat oleh lebih banyak pengguna yang relevan dengan postinganmu. Selain itu, apabila ada komen pada postingan, jangan lupa untuk dilike dan di balas yah! Hal ini akan meningkatkan nilai akunmu di mata algoritma FB.

5. Bangun Komunitas Reseller

Selain bisa berjualan secara langsung, kamu juga bisa merekrut reseller untuk membantu menjualkan produk kamu di Facebook. Edukasi dan beri motivasi mengenai keuntungan – keuntungan menjadi reseller dari produkmu. Selain bisa menambah orderan dengan effort sedikit, jumlah reseller juga bisa digunakan untuk membentuk reputasi bahwa olshop mu ini terpercaya dan tidak diragukan lagi oleh banyak orang.

Namun jangan lupa untuk sering-sering memberikan pembinaan atau tips yang berguna untuk reseller kamu agar tidak ‘rontok’.

 

Nah itu tadi adalah trik-trik untuk meningkatkn penjualan online shop mu di Facebook secara gratis. Selain cara-cara di atas, ada baiknya pula kamu mencoba memasarkan produkmu menggunakan FB Ads untuk lebih menyasar segmen yang ingin kamu tuju sehingga promosi yang kamu lakukan lebih tepat sasaran.

Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.